Notice: Use of undefined constant judul - assumed 'judul' in /opt/lampp/htdocs/sipasada/view/berita.php on line 72

 
 
 
24-January-2018
 

Objek sawah yang dipotret menggunakan drone DPMPPTSP Tapanuli Selatan


            Pada hari ini Rabu tanggal 24 Januari 2018 Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu Kabupaten Tapanuli Selatan melakukan peninjauan lapangan dan pemantauan terhadap beberapa perusahaan di Kecamatan Angkola Timur sekaligus mengoperasikan Drone dan memotret objek yang dianggap perlu. Pada kesempatan tersebut juga melakukan pemantauan dan pemotretan di desa Panompuan. Objek yang dipantau adalah keadaan sawah pada saat pemotretan.

            Kondisi sawah berfariasi mulai dari persiapan tanam, baru tanam, baru bulir, padi menguning dan siap panen. Petani menanam padi didesa ini bisa sepanjang tahun atau panen 2 sampai 3 kali setahun karena didukung system pengairan yang cukup. Dari gambaran tersebut berarti ketersediaan beras cukup untuk daerah ini dan bahkan merupakan lumbung beras.

            Pada latar belakang kelihatan perkebunan karet rakyat yang subur. Getah dari kebun karet rakyat ini dipasarkan ke PT. Kirana Sapta pabrik pengolah karet yang juga berada di desa ini. Lahan kering yang masih kosong masih bisa dikembangkan untuk perkebunan buah atau komoditi lainnya
  Peluang usaha lain didaerah ini adalah peternakan, baik ternak besar maupun unggas. Ternak besar seperti sapi dan kerbau berpotensi karena ketersediaan makanan dari sisa jerami sawah dan rumput desekitar perkebunan karet dan pinggir sungai Panompuan. Ternak unggas seperti ayam dan itik karena ketersediaan pangan dedak dan makanan alami di sawah seperti keong mas.
  Jika usaha pertanian sawah dan perkebunan karet dikombinasi dengan usaha peternakan, maka usaha ini akan saling mendukung karena pertanian akan menyediakan pakan yang cukup untuk ternak dan ternak akan memberikan kotorannya sebagai pupuk organic yang sangat berguna untuk pertanian.





Abadi Siregar, ST, MT
Kepala Dinas Penanaman Modal dan
Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Daerah
Kabupaten Tapanuli Selatan