Notice: Use of undefined constant judul - assumed 'judul' in /opt/lampp/htdocs/sipasada/view/berita.php on line 72

 
 
 
23-October-2017
 

KEGIATAN SOSIALISASI PERIZINAN PROGRAM PENINGKATAN PELAYANAN PERIZINAN BIDANG PENGADUAN KEBIJAKAN DAN PELAPORAN PELAYANAN


            Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan memiliki Tugas Pokok dan Fungsi Dinas yang tergambar dari perencanaan dalam pelaksanaan investasi , promosi, pengaduan, pelayanan data dan sistem informasi. Bidang Perencanaan mempunyai tugas menyusun kajian potensi penanaman modal, menyusun kebijakan/Perda penanaman modal yang di dalamnya berisikan susunan organisasi dan tupoksi masing-masing bidang. Perencanaan penanaman modal merupakan titik awal dalam memperluas investasi yang masuk untuk meningkatkan pembangunan daerah. Bidang Pelaporan Data melakukan Monev terhadap izin-izin yang telah terbit lanjut menginventarisasi beberapa permasalahan yang ada untuk disampaikan kepada Bidang Pengaduan sebagai langkah awal antisipasi pemecahan masalah. Bidang Promosi memberikan informasi kepada Investor mengenai potensi-potensi penanaman modal. Bidang Pengaduan, Data, dan Informasi menginput data-data perizinan dan melakukan olah data sehingga bisa disampaikan secara online kepada publik. Dinas Penanaman Modal dan PPTSP Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan baru-baru ini melakukan Kegiatan Sosialisasi Perizinan Program Peningkatan Pelayanan Perizinan guna memberikan kemudahan bagi masyarakat dan pelaku usaha lainnya dalam pengurusan bidang usaha yang dijalankan dalam bentuk legalitas usaha yang dikeluarkan Dinas PMPPTSP Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan , selain itu memberikan pengaruh kepada masyarakat dan pelaku usaha lainnya agar termotivasi untuk mengurus izin bidang usaha yang dilaksanakan. Sosialisasi kegiatan ini memberikan informasi berbasi web dengan Sistem e-ptsp SIPASADA Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan. Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi Perizinan yang dilaksanakan di 3 (tiga) Kecamatan , diantaranya Kecamatan Sayur Matinggi, Angkola Timur dan Angkola Barat dengan Narasumber yaitu Bapak Abadi Diregar, ST; MT Selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan dan Narasumber kedua yaitu Bapak Sofyan Adil, SP ;MM selaku Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan PPTSP Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan.

            Dalam Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi Perizinan Programa Peningkatan Pelayanan Perizinan , bertujuan ;
o Untuk meningkatkan promosi dan kerjasama investasi di Bidang Usaha ..
o Untuk meningkatkan teknologi informasi , pengawasan perizinan dan kerjasama investasi serta pelayanan perizinan pembangunan / perekonomian / kesra dan lingkungan .
o Untuk membuka pengaduan di Bidang Perizinan dan non Perizinan.
o Sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan evaluasi kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan PerizinanTerpadu Satu Pintu Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan.
o Memberikan informasi kepada masyarakat, kepala desa, lurah, instansi terkait dan pelaku usaha kecil, menengah dan besar tentang Peraturan Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan Nomor : 1 Tahun 2016 tentang Pelimpahan
wewenang Perizinan dan Non Perizinan dari Bupati Tapanuli Selatan kepada
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Daerah Kabupaten
Tapanuli Selatan .
o Memberikan informasi bahwa Dinas Penanaman Modal dan PPTSP Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan telah menggunakan sistim elektronik yang disebut dengan Sosialisasi Perizinan e-ptsp SIPASADA Kabupaten Tapanuli Selatan yang telah bekerjasama dengan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi).

             Sasaran Pelaksanaan Kegiatan ini diantaranya :
o Para pelaku ekonomi, masyarakat, Dinas Terkait, dengan meningkatnya pengetahuan terkait Perizinan dan non Perizinan, kerjasama investasi, promosi di Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan.
o Meningkatnya Pengetahuan dan Sumber Daya Manusia dalam hal teknologi informasi , pengawasan perizinan dan kerjasama di bidang pembangunan.
o Termotivasinya minat berinvestasi di wilayahnya dalam meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat selain itu meningkatkan minat para pelaku usaha untuk mengurus izin usaha yang mereka lakukan sehingga legalitas usahanya terlindungi secara hukum.
o Adanya sarana pengaduan kebijakan seputar izin usaha dalam melayani masyarakat maupun pelaku usaha lainnya.
o Meningkatnya kwalitas evaluasi kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan .
o Meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang Peraturan Bupati Tapanuli Selatan Nomor : 1 Tahun 2016 tentang jenis –jenis Perizinan dan Non Perizinan yang telah dilimpahkan Bupati Tapanuli Selatan kepada Dinas
Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Daerah Kabupaten Tapanuli
Selatan.
o Meningkatnya minat dan pemahaman masyarakat dan pelaku ekonomi lainnya untuk berinvestasi di Kabupaten Tapanuli selatan dengan mudahnya mereka engakses data dan kemudahan dalam pengurusan izin usaha dengan melihat secara informasi elektronik pada system e-ptsp SIPASADA Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan.





Eddy Muzdajar Batubara, SP, M.Si.
Kasi Kebijakan dan Penyuluhan Pelayanan
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu