Notice: Use of undefined constant judul - assumed 'judul' in /opt/lampp/htdocs/sipasada/view/berita.php on line 72

 
 
 
17-October-2017
 

Masakan khas Tapanuli Selatan (Dok. Foto BIDANG PENGADUAN, KEBIJAKAN DAN PELAPORAN LAYANAN DPMPPTSP TAPSEL)


            Kabupaten Tapanuli Selatan merupakan salah satu daerah yang terdapat di Propinsi Sumatera Utara yang memiliki potensi yang sangat besar terhadap kuliner daerah yang memiliki cita rasa masakan khas Tapanuli Angkola untuk di cicipi para pencinta kuliner yang berkunjung ke Kabupaten Tapanuli Selatan. Beberapa masakan khas yang dimiliki oleh daerah ini sangat di gemari oleh masyarakat banyak yang berada diluar daerah Kabupaten Tapanuli Selatan, hal ini ditandai dengan Semakin banyaknya rumah-rumah makan khas Tapanuli Bagian Selatan yang bermunculan di beberapa kota , contohnya yang ada di kota Medan maupun daerah Pulau Jawa seperti Kota Jakarta yang membuktikan bahwa masakan ini masih banyak digemari oleh masyarakat luas umumnya masyarakat Sumatera Utara yang berada di luar pulau Sumatera dan khususnya masyarakat Tapanuli Selatan sendiri yang berada di daerah maupun dari para perantau lainnya. Masakan Tapanuli Angkola masuk dalam kuliner Nusantara (Indonesia) dan memiliki daftar menu special bagi warga perantauan khususnya dan pencinta masakan enak pada umumnya. Sebagai suatu masakan khas sudah tentu menjadi magnet bagi pecinta masakan dan wisatawan, Kehadiran rumah makan/restoran khas Tapanuli Angkola dengan sendirinya akan menambah daftar deretan masakan tradisional yang sangat digemari oleh masyarakat banyak, karena lebih bervariasi dan memilki cita rasa yang tinggi ‘high taste” juga didukung oleh berbagai ragam menu dan sayuran segar.

            Kehadiran Rumah Makan Khas Tapanuli Angkola merupakan suatu kearifan lokal di wilayah Tapanuli Bagian Selatan--suatu kearifan lokal yang telah terbukti teruji sebagai makanan pavorit para raja-raja pada masa lampau yang diwariskan secara turun temurun oleh nenek-nenek moyang kita terdahulu. Sebagai kearifan lokal sudah tentu bahan-bahan dasar, komposisi dan prosedur membuatnya bersumber dari kekayaan alam dari bumi Tapanuli Selatan. Sebagai racikan menu lokal yang sudah merakyat sejak puluhan dan bahkan ratusan tahun yang lalu menjadikan Masakan Tapanuli Angkola menjadi sebuah masakan khas yang nilai semangatnya tetap berasal dari Tapanuli Selatan yang kini aromanya mulai menyebar luas di kota-kota besar di Nusantara. Beberapa jenis masakan khas angkola tepatnya di wilayah Tapanuli selatan diantranya adalah : Bulung Gadung, Sambal Tuk-tuk, gulai ikan saleh, Rondang bolut, ikan mas sinyar-nyar, gulai ikan mas, sop lembu, dll

            Dari gambaran diatas maka kami anjurkan juga harapkan agar masakan ini lebih dikenal oleh masyarakat luas baik secara daerah maupun mancanegara yang memandang bahwa usaha ini memiliki nilai jual yang tinggi ditengah-tengah masyarakat sebagai usaha kuliner sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat yang bergelut dibidang usaha tersebut, Dengan sendirinya akan meningkatkan sektor pendapatan masyarakat di Bidang Kuliner maupun jajanan tradisional daerah khususnya. Berdasarkan gambaran diatas sekitar masakan khas Tapanuli Angkola memberikan peluang Investasi bagi masyarakat luas secara umum berupa mendirikan Rumah Makan, Pusat jajanan tradisional , pendirian restoran dan kafe yang merupakan kebanggaan masyarakat Tapanuli Selatan.





Eddy Muzdajar Batubara, SP, M.Si.
Kasi Kebijakan dan Penyuluhan Pelayanan
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu