Notice: Use of undefined constant judul - assumed 'judul' in /opt/lampp/htdocs/sipasada/view/berita.php on line 72
     

 
 
 
09-October-2017
 

Kawah Haritte, Gunung Sibua-buali


            Kawah gunung Harritte, kawah kaki Gunung Sibual-buali ini berada di Desa Baringin tepat di Belakang SMAN 2 Plus Sipirok, Kecamatan Sipirok. Kawah ini memiliki satu kolam besar air panas dengan diameter 10 Meter menggelegak dengan kepulan asap yang tebal menandakan tingginya panas bumi yang berada di bawahnya. Kemudian, disisi lain terdapat juga kolam air panas yang lebih kecil yang mengalirkan air panas berbau belerang ke sungai yang berada di sekitar lokasi. Luas lokasi kawah ± 500 m2 berada di Jalan Baringin tepat di belakang SMAN 2 Plus Sipirok dan tidak jauh dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan, ± 9 Km. Manakala, pengunjung akan dapat langsung membawa kendaraan baik itu kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua sampai di lokasi jalan masuk Kawah Haritte.

            Disinilah petualangan itu dimulai, setelah memasuki pintu masuk menuju Kawah Harritte, pengunjung harus melalui medan alam yang berat yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Jalan yang dilalui terkadang menaik mendaki, menurun, melewati batang pohon yang tumbang dan juga melalui semak belukar. Apalagi pada musim hujan, tantangan akan ditambah dengan licinnya jalan dan pengunjung dapat tergelincir sehingga tetap diperlukan kehati-hatian untuk melaluinya. Tetapi, semua petualangan ini akan terbayar setelah pengunjung sampai dikawah belerang dan disuguhi Kebesaran Tuhan pada hasil karya indah ciptaan-Nya.

            Tentunya, objek Wisata Tapanuli Selatan ini diperuntukkan oleh para petualang yang mencari objek wisata alami. Potensi wisata alam ini telah dipersiapkan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan sebagai wisata unggulannya dengan mempersiapkan jalan menuju Kawah yang telah bagus dan dapat dilalui kendaraan. Tak salah kiranya, Tapsel merupakan kunjungan wisata yang menarik yang harus masuk ke dalam daftar agenda para pecinta alam untuk memuaskan hobinya mengeksplorasi keindahan-keindahan alam ciptaan Tuhan. Banyak potensi investasi yang dapat dikembangkan dengan adanya objek wisata ini, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Daerah siap untuk berdiskusi dengan para investor sekalian.





Ali Nurrakhmad Siregar, ST. M.Sc
Kepala Seksi Perencanaan Penanaman Modal
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu