Notice: Use of undefined constant judul - assumed 'judul' in /opt/lampp/htdocs/sipasada/view/berita.php on line 72
     

 
 
 
16-October-2017
 

Gambar Industri Konveksi PD. Bumi Angkola Jaya


             Banyaknya sekolah dimulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai dengan Perguruan Tinggi yang berada di Wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan dan sekitarnya memberikan suatu potensi investasi yang sangat besar yang dapat dikembangkan untuk Industri Konveksi. Industri Konveksi adalah suatu industri yang menghasilkan pakaian jadi dengan bahan baku yang digunakan dari bahan tekstil dengan bermacam-macam jenis seperti katun, kaos, linen, polyester, rayon, dan bahan tekstil lainnya. Hadirnya PD. Bumi Angkola Jaya membuktikan adanya potensi penanaman modal di sektor ini.

             PD. Bumi Angkola Jaya beralamat di Jl. Mandailing Km 21 Desa Sialang, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan. Perusahaan ini memulai usahanya pada bulan Agustus 2013, dan saat ini telah dilengkapi dengan mesin jahit dan bordir yang canggih seperti : 30 unit mesin jahit high speed, mesin obras benag, 1 unit mesin obras 3 benang, 2 unit mesin overdeck, 3 unit mesin potong, 2 unit mesin lobang dan kancing, 1 unit mesin bordir dengan 12 kepala, 2 unit mesin pasang karet, dan 2 unit setrika. Perusahaan ini juga telah merekrut puluhan tenaga kerja yang diambil dan dilatih dari penduduk lokal yang berada di sekitar lokasi.

             Pelatihan terus dilakukan untuk mendapatkan tenaga kerja dibidang konveksi dan bordir yang terampil. Tentunya, ini sangat membantu masyarakat setempat dalam hal ketersediaan lapangan kerja meskipun tenaga kerja lokal yang direkrut tidak memiliki ketrampilan. Banyaknya penduduk lokal dengan tenaga kerja siap pakai yang berada dan tinggal di sekitar lokasi dapat menekan biaya produksi untuk penyediaan rumah tinggal. Hal ini juga menjadikan penanaman modal dibidang ini menjanjikan karena mudahnya mendapatkan tenaga kerja dengan gaji yang tidak terlalu tinggi. Kemudian, pekerjaan yang bisa dilakukan adalah untuk pekerjaan jahit dan bordir dengan motif beragam disesuaikan dengan permintaan.
     Industri Konveksi merupakan industri kreatif yang masih mempunyai peluang yang sangat besar. Beberapa Industri Konveksi rumah tangga juga telah muncul dari tenaga kerja terampil yang telah mandiri binaan PD. Bumi Angkola Jaya. Hal ini, akan mampu memutus ketergantungan masyarakat Tapanuli Selatan terhadap konveksi yang berasal dari luar daerah. Tentunya, harga pakaian jadi akan dapat dibeli lebih murah apabila dibandingkan dengan harga pasaran. Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan dengan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terkait akan tetap membantu pengembangan industri ini.





Ali Nurrakhmad Siregar, ST. M.Sc
Kepala Seksi Perencanaan Penanaman Modal
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu