Notice: Use of undefined constant judul - assumed 'judul' in /opt/lampp/htdocs/sipasada/view/berita.php on line 72
     

 
 
 
16-October-2017
 

Danau Siais,Desa Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur


            Danau Siais dengan sejuta panorama dan keindahannya merupakan danau air tawar kedua terbesar di Provinsi Sumatera Utara setelah Danau Toba. Danau ini terletak Desa Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur yang berjarak ± 85 Km dari Sipirok, Ibu Kota Kabupaten Tapanuli Selatan. Dikelilingi oleh pebukitan dan pepohonan pinus dan juga karet hutan yang didiami jenis kera dan burung lokal. Sekitar Danau juga terdapat air terjun yang membelah pepohon hutan rindang di sisi kiri kanannya.

            Danau Siais masih sangat alami, belum tercemar oleh modernisasi pembangunan yang biasa dilakukan di daerah objek wisata. Air danau yang tenang juga biru kehijau-hijauan memberikan nuansa tenang dan damai yang sangat sesuai bagi pengunjung yang mencari suasana wisata alami. Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan menyadari bahwa jarak untuk menjangkau Danau Siais sangatlah jauh, untuk itu telah dilakukan pembenahan jalan secara bertahap dan saat ini kondisi jalan telah baik sehingga bisa dilalui oleh kendaraan bermotor dengan mudahnya. Manakala jarak tempuh dari Sipirok yang dahulunya mencapai 6 jam perjalanan dan sekararang telah dapat ditempuh menjadi 3 jam.

            Potensi dikembangkannya kawasan ini menjadi kawasan wisata unggulan sangatlah besar. Sepanjang perjalanan dapat didirikan tempat persinggahan dan rumah makan. Kemudian, di sekitar Danau Siais juga dapat didirikan Hotel, Wisma, Wisata Permainan dan sarana penginapan lainnya. Selanjutnya, Agro Wisata juga dapat dikembangkan di beberapa lokasi di Desa Rianiate, disebabkan Desa ini sangat didukung dengan tanahnya yang subur dan iklimnya yang sejuk serta masih banyak lahan potensial. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan mengundang para Investor untuk datang menanamkan investasinya.





Ali Nurrakhmad Siregar, ST. M.Sc
Kepala Seksi Perencanaan Penanaman Modal
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu