Notice: Use of undefined constant judul - assumed 'judul' in /opt/lampp/htdocs/sipasada/view/berita.php on line 72
     

 
 
 
16-October-2017
 

PT. Agincourt Resources, Batang Toru.


            PT. Agincourt Resources (PT. AR), merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan pemegang kontrak karya generasi VI yang berganti nama dari perusahaan PT. Newmont Horas Nauli pada tanggal 10 Oktober 2006. Secara keseluruhan luas wilayah kontrak karya PT. AR hasil penciutan ke-III adalah seluas 163.927 Hektar. Perusahaan ini berproduksi pada awal tahun 2013 dengan kapasitas pertahun sebesar 250.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak dan sampai pada tanggal 31 Desember 2016 mineral tambang yang telah diproduksi adalah 7,5 juta ounce emas dan 67 juta ounce perak. Perusahaan yang beralamat di Jalan Merdeka Barat Km 2,5 Desa Aek Pining, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan ini mempekerjakan 2300 tenaga kerja yang 98 % nya adalah pekerja Indonesia dimana 72 % nya merupakan pekerja yang diambil dari penduduk lokal (Sumber : www.agincourtresources.com).

            Satu hal yang menarik dari perusahaan tambang ini adalah operator/supir truk besar pengangkut batu banyak direkrut gadis-gadis dari sekitar lokasi tambang yang dilatih secara khusus oleh perusahaan sampai terampil mengendarai alat berat pengangkut batu. Peralatan pertambangan yang canggih dan modern serta penggunaan Standard Operasional Prosedur (SOP) yang dikelola secara Profesional menjadikan Perusahaan ini bagian yang tak terlepaskan dan bersama-sama mengembangkan Kabupaten Tapanuli Selatan yang sejahtera. Lebih lanjut, PT. AR juga mengeluarkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bentuk pembinaan desa binaan, sektor pendidikan, sektor keagamaan dan sektor kesehatan (kegiatan operasi katarak yang rutin dilakukan tiap tahunnya)

            Perusahaan Besar ini terkategorikan Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA). Kehadirannya diharapkan mampu dilirik para investor untuk menanamkan modalnya pada kegiatan/usaha yang berhubungan dengan kegiatan pertambangan. Kegiatan usaha yang dimaksud dapat berupa supplier penjualan alat-alat pertambangan, supplier penjualan bahan-bahan makanan untuk pekerja tambang, konsultan dan kontraktor untuk pekerjaan penambangan emas, pembangunan rumah makan, mess, hotel, café di sekitar lokasi. Semoga dengan terus beroperasinya PT. AR memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Tapanuli Selatan





Ali Nurrakhmad Siregar, ST. M.Sc
Kepala Seksi Perencanaan Penanaman Modal
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu