Notice: Use of undefined constant judul - assumed 'judul' in /opt/lampp/htdocs/sipasada/view/berita.php on line 72
     

 
 
 
19-October-2017
 

Monumen Benteng Huraba dan Taman Makam Pahlawan Simago-mago


             Monumen Benteng Huraba dan Taman Makam Pahlawan Simago-mago adalah aset sejarah yang menjadi potensi pengembangan pariwisata di Kabupaten Tapanuli Selatan. Kedua bukti sejarah ini menggambarkan bahwa Kabupaten ini memberikan peran yang sangat besar pada saat masa-masa kemerdekaan dahulunya. Bangunannya masih terawat dan terjaga serta berada di tepi jalan sehingga siapapun akan dengan mudah mengunjunginya.

             Monumen Benteng Huraba dibangun untuk mengenang para pahlawan yang gugur mempertahankan Benteng Huraba pada 5 Mei 1943, Berada di Desa Benteng Huraba, Kecamatan Batang Angkola. Bangunannya membelakangi perbukitan sehingga memperindah lokasi monumen ini. Terdapat 2 Meriam dengan tahun pembuatan 17 Agustus 1959 ditambah lagi terdapatnya sebuah tugu yang menuliskan nama-nama pejuang yang tempur pada saat mempertahankan daerah ini memberikan kesan semangat perjuangan pada saat kita memasuki lokasi yang mempunyai luas ± 300 M2 ini.

             Taman Makam Pahlawan Simago-mago berada di Kecamatan Sipirok. Konon kabarnya seorang Jendral Berkebangsaan Belanda, Jendral Spoor tewas pada saat pertempuran di Simago-mago. Letak Taman yang tertata bersih dilengkapi dengan kuburan para pahlawan beserta nama-namanya serta berdirinya dengan megah satu tugu yang menopang benda berbentuk salak di atasnya menggambarkan bahwa para perjuang yang menyerahkan jiwa dan raganya demi mempertahankan tanah Sipirok, si Kota Salak.
     Keberadaan aset sejarah ini memerlukan perhatian seluruh masyarakat Tapanuli Selatan untuk menjaganya sehingga kelak generasi penerus tetap memiliki semangat juang yang telah diajarkan para leluhurnya. Beberapa potensi investasi yang mungkin dikembangkan seperti usaha pembuatan souvenir bermotifkan monumen Benteng Huraba dan Taman Makam Pahlawan Tor Simago-mago, Agen Perjalanan Wisata, Cafe, rumah makan di sekitar lokasi serta industri kreatif lainnya yang dapat dikembangkan pada wisata sejarahnya.





Ali Nurrakhmad Siregar, ST. M.Sc
Kepala Seksi Perencanaan Penanaman Modal
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu