Notice: Use of undefined constant judul - assumed 'judul' in /opt/lampp/htdocs/sipasada/view/berita.php on line 72
     

 
 
 
18-October-2017
 

Potensi wisata alam pantai Muara Upu


             Kabupaten Tapanuli Selatan memliki pantai sepanjang 18,38 Km ke arah Samudera Indonesia. Pantai ini diapit oleh 2 muara sungai yaitu Sungai Garoga di sebelah Utara dan Sungai Batang Toru di Sebelah Selatan. Pantai ini sering dikenal dengan nama Pantai Muara Upu karena terletak di Desa Muara Upu, Kecamatan Muara Batang Toru. Garis pantainya yang panjang terbentang diatas tanah yang landai dan lebar serta bertaburan pasir putih menyimpan potensi yang sangat besar untuk dijadikan objek wisata alam.

             Jarak antara bibir pantai saat pasang naik dan surut juga cukup jauh sampai sekitar 50 m. Kemudian, disepanjang bibir pantai tumbuh tinggi pohon cemara menambah semakin indahnya pemandangan. Keunggulan lainnya dari pantai ini terdapat 4 jenis penyu yang bertelur di sepanjang pasir putihnya. Keempat jenis penyu itu adalah Penyu; Belimbing (Dermochelys coriaceae), Hijau (Chelonia mydas), Abu-abu (Lepidochelys olivaceae) dan Sisik (Eretmochelys imbricata). Manakala, Penyu Belimbing merupakan penyu raksasa yang masih bertelur dan berkembang biak sehingga terus dilindungi kelestariannya.

             Penyu Belimbing bisa mencapai panjang 2 meter dengan berat lebih dari 900 Kg dan saat musim bertelur bisa menghasilkan telur sampai dengan 100 butir. Hal ini yang menjadikan banyak pecinta lingkungan hidup sering datang untuk melakukan penelitian serta kegiatan pelestarian lingkungan lainnya. Pengunjung umum juga diperbolehkan untuk mengunjungi pantai ini terutama pada saat musim bertelurnya Penyu Belimbing dengan tetap mengikuti Peraturan lokal yang dibuat oleh masyarakat Desa Muara Upu untuk tetap menjaga keberlangsungan hidup Penyu di Sepanjang Pantai Muara Upu.
     Potensi wisata alam pantai Muara Upu ini merupakan anugerah dari sang Pencipta yang harus dikelola dengan baik. Kehadiran investor untuk bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan sangatlah diperlukan. Peluang investasi penanaman modal masih sangat terbuka luas baik itu sarana penginapan seperti : Hotel, Wisma, Rumah Tinggal, dan Mess. Sarana permainan seperti : Jet sky, Banana Boat, Kano, dan Speed Boat. Tentunya, pengunjung yang ramai akan membuka kesempatan usaha dibidang rumah makan dan penjualan Souvenir. Kelak, usaha yang telah dilakukan oleh Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan dengan memperbaiki jalan menuju ke lokasi wisata dapat disambut para investor dengan menanamkan modalnya.





Ali Nurrakhmad Siregar, ST. M.Sc
Kepala Seksi Perencanaan Penanaman Modal
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu