Notice: Use of undefined constant judul - assumed 'judul' in /opt/lampp/htdocs/sipasada/view/berita.php on line 72
     

 
 
 
09-October-2017
 

Jeruk Keprok


            Jeruk Keprok (Citrus reticulata), merupakan jenis jeruk unggulan dari Kabupaten Tapanuli Selatan. Rasanya yang manis dan rapuh apabila dimakan memberikan kesan yang berbeda bila dibandingkan dengan jeruk lain. Jeruk ini merupakan jeruk andalan yang dimiliki Tapanuli Selatan untuk mengimbangi masuknya jeruk ke pasaran yang berasal dari Kabupaten lain. Pada pertumbuhannya, Jeruk ini dapat tumbuh sampai ketinggian 2-8 meter dengan daun berbentuk lanset, tepi daun agak beringgit pangkal daun melekuk dan ujungnya meruncing sedangkan bunga jeruk berwarna putih dengan diameter sekitar 1,5 cm hingga 2,5 cm dan buahnya berbentuk bola dengan daging buahnya berwarna oranye.

            Penyebarannya, akan dengan mudah kita jumpai di Kecamatan Sipirok dan Desa Sumanggol, Kecamatan Sayur Matinggi. Tentunya ketersediaan buah jeruk yang mencukupi akan mampu memberikan harga jeruk yang terjangkau bagi masyarakat, sehingga masyarakat dapat menikmati jeruk ini yang kaya akan Vitamin A, B1, B2 dan C. Potensi tanaman jeruk ini juga dapat dikembangkan diseluruh Kecamatan, karena syarat tumbuhnya yang tidak terlalu susah (tumbuh dengan baik pada suhu 250C – 300C). Oleh karenanya, Kabupaten Tapanuli Selatan telah memiliki 167,48 Ha tanaman Jeruk (Sumber : BPS-Kabupaten dalam Angka 2016) yang tersebar di 14 Kecamatan.

            Investasi penanaman modal di tanaman Jeruk masih sangat terbuka lebar. Kebutuhan dan Pengetahuan masyarakat tentang perlunya mengkonsumsi buah-buahan untuk keperluan asupan Vitamin semakin baik, peluang ini juga ditunjang dengan suburnya lahan dan tanah di seluruh wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan. Penyuluhan tentang bercocok tanam yang baik juga dapat didapatkan dengan mudah pada para penyuluh pertanian serta Dinas Pertanian Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan. Mudah-mudahan dengan banyaknya kebun jeruk yang akan ditanam dapat membantu masyarakat untuk kebutuhan Vitamin yang lebih baik.





Ali Nurrakhmad Siregar, ST. M.Sc
Kepala Seksi Perencanaan Penanaman Modal
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu