Notice: Use of undefined constant judul - assumed 'judul' in /opt/lampp/htdocs/sipasada/view/berita.php on line 72
     

 
 
 
13-October-2017
 

Kerajinan ini merupakan warisan dari pendahulu/nenek moyang


            Hampir semua Kecamatan di Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan, dapat dengan mudahnya dijumpai Pengrajin Pandai Besi. Kerajinan ini merupakan warisan dari pendahulu/nenek moyang sehingga tergambarkanlah betapa kreatifnya adat dan budaya kerajinan Tapanuli Selatan. Melihat potensi yang sangat besar ini, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan mendirikan sentra koperasi industri kerajianan rakyat pandai besi yang diberi nama Koperasi Serasi.

            Koperasi Serasi terletak di Desa Sipange, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan. Beberapa alat pertanian seperti Cangkul, Pisau, Parang, Garu, Sekop dan alat pertanian lainnya adalah hasil produksi dari Koperasi ini. Saat ini Koperasi Serasi juga sudah mengembangkan usahanya dengan membuat hiasan dinding berupa Tombak, Pedang, Celurit, serta peralatan benda tajam dengan bahan besi lainnya sesuai dengan permintaan pelanggan.

            Awalnya, Koperasi yang didirikan pada Tahun 2006 hanya mampu menampung tenaga kerja 10 orang. Namun, saat ini ada 50 usaha kecil pengrajin pandai besi dengan 180 orang tenaga kerja. Oleh karena nya, akan dengan mudah dijumpai Pengrajin Pandai Besi disepanjang jalan di Desa Sipange. Tentunya, perekonomian Desa ini semakin membaik dengan semakin terampilnya masyarakat dalam menciptakan lapangan kerja.
    Banyaknya permintaan alat-alat pertanian baik itu dari masyarakat maupun Perusahaan Perkebunan yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan maupun Kabupaten/Kota sekitar menjadikan Kerajinan Pandai Besi juga berpotensi untuk dikembangkan menjadi lahan investasi bagi memajukan perekonomian Daerah. Industri kreatif dengan memanfaatkan besi-besi bekas menjadi alat pertanian ataupun hiasan dinding berbahan besi merupakan wujud Ekonomi Kreatif yang ditawarkan masyarakat Kabupaten Tapanuli Selatan.





Ali Nurrakhmad Siregar, ST. M.Sc
Kepala Seksi Perencanaan Penanaman Modal
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu